tagline

INSPIRASI MAYA ; Kisah Inspiratif Bergabungnya 2 Raksasa Gojek dan Tokopedia

Berikut ini merupakan hal-hal yang membuat gojek menjadi sukses karena beberapa hal yang di perhatikan seperti faktor-faktor dibawah ini :

Berikut ini merupakan hal-hal yang membuat gojek menjadi sukses karena beberapa hal yang di perhatikan seperti faktor-faktor dibawah ini :

 

 

Dampak sosial yang diberikan kepada masyarakat

Kunci yang pertama yang diberikan CEO gojek tentang kesuksesan ialah dampak sosial yang dihasilkan dari pekerjaan kita. Komitmen inilah yang mendorong gojek selalu mengedepankan kemitraan yang erat antara perusahaan, pegawai dan pelanggan. Hal itu terbukti, tidak butuh waktu lama gojek berhasil memberikan dampak sosial bagi masyarakat, baik itu membuka lapangan pekerjaan baru buat driver, maupun memberikan kemudahan bertransportasi bagi penumpang.

 

 

Berfikir diluar lingkaran normal (Out Of The Box)

Satu lagi rahasia kesuksesan gojek ialah membudayakan karyawan dan semua pegawai gojek unuk berfikir di luar kotak normal dan memutarbalikan filosofis umum. Contohnya menurut Nadiem, Jika rang beranggapan kalau perusahaan semakin besar maka semakin sulit diatur itu salah. Sebab dengan berfikiran demikian berarti dia merasa bodoh hingga tidak bisa mengatur dirinya sendiri, sebab dirinya sendiri merupakan bagian dari perusahaan.

 

 

Berani mengambil keputusan dan membuat kesalahan

Nadiem Makarim sangat mendorong tinggi kepada karyawannya tentang pentingnya gagasan baru, inovasi dan ide-ide cemerlang yang mendorong kemajuan perusahaan, dan cara yang tepat untuk mendapatkan ide dan inovasi ialah dengan berani mengambil keputusan dan tidak takut membuat kesalahan. budaya yang dibangun seperti tidak memberi keputusan justru akan di marahi, karna tanpa keputusan kita tidak akan bangkit.

 

 

Menghapuskan ego

Perusahaan gojek sangat mendorong semua pegawainya untuk menghapuskan egonya. Dengan prinsip zero ego di gojek eorang pegawai dengan jabatan terendah bisa dan dipersilahkan menkritiki pegawai dengan jabatan tertinggi, tentu dengan syarat kritikannya membangun.

 

 

Terobsesi kepada pelanggan dalam menggunakan jasa bisnisnya

Menurut Nadiem, untuk rahasia sukses gojek yang satu ini ia dapatkan dari Perusahaan Amazon. Kita harus jadi pelanggan agar tahu rasannya berada di posisi pelanggan.Nadiem sendiri sehari enak kali menggunakan gojek.

 

 

Dalam bekerja dan memutuskan sesuatu harus berdasarkan data

Rahasia sukses gojek yang terakhir ialah melakukan sesuatu harus dengan data. Di gojek. keputusan, rencana maupun langkah yang diambil harus melalui data-data dulu, Ini yang sangat penting dalam setiap pengambilan keputusan gojek, dan menurut Nadiem hal ini yang sering diabaikan oleh perusahaan startup yang sedang berkembang. Padahal perumusan data atau data driven merupakan satu prosedur dalam mengambil keputusan perusahaan.