tagline

TOTAL TIPS : MICROMANAGE SALAH ?!

 Micromanage adalah sebuah sistem kepemimpinan yang dianggap dapat berdampak buruk terhadap kinerja karyawan.

 

 

Metode yang identik dengan kontrol berlebih dari atasan ini dapat menghambat produktivitas serta moral para pekerja.

Kira-kira, seperti apa sih bentuk dari gaya manajemen satu ini? Mengapa sistem tersebut sudah tidak lagi efektif? Yuk, simak tipsnya berikut

 

Gaya manajemen satu ini menunjukkan bahwa atasan memiliki kontrol yang berlebihan, menuntut detail terkecil terhadap semua pekerjaan dari masing-masing anggota timnya.

Nah jangan2 kamu sendiri menerapkan system ini? Nah berikut beberapa tipsnya agar kamu tidak menerapkan micromanage

 

 

Mengerti delegasi yang benar

 

Alpha Media

 

Setiap orang memiliki strength dan weakness yang berbeda-beda, nah sebagai pemimpin, kita harus bisa melihat, tugas seperti apa yang cocok untuk si A, cocok untuk si B, nah kita harus bisa mengerahui tugas yang akan kita delegasikan yang memungkinkan karyawan, untuk dapat berkembang dan maju melalui peran mereka masing-masing

 

 

Berbicara hasil

 

Alpha Media

 

Nah sebagai pemimpin yang mendelegasikan tugasnya ke karyawan, sampaikan dengan jelas, tujuan apa yang ingin dicapai, kemudian berikan kesempatan kepada tim, untuk berfikir, berkreasi, dan berkesperimen dengan cara-cara mereka, agar bisa mencapai hasil tujuan tugas tersebut

 

 

Tetapkan ekspektasi yang jelas.

 

Alpha Media

 

Kadang semua hal tak berjalan sesuai rencana, saat memberi kesempatan kepada tim untuk berkreasi, seorang pemimpin harus siap dengan kegagalan, saat kegagalan itu terrjadi, jangan membuat mereka berkecil hati, dengan menyalahkan cara-cara yang mereka kerjakan, nah jelaskan apa yang mereka bisa pelajari dari kegagalan dan tetaplah lakukan continuous improvement

So, Beri karyawan Anda kesempatan untuk membuktikan kemampuan dan keterampilan mereka, dan kurangi perfeksionis anda, biarkanlah karyawan anda mencobanya.

 

 

Feedback

 

 

Alpha Media

 Jika Anda ingin memiliki hubungan yang kuat dengan tim, tanya ke setiap individu tentang cara pengelolaan yang mereka sukai. Mungkin ada yang lebih suka dibimbing dari dekat, tetapi ada juga yang lebih suka diberi kepercayaan dan otonomi. Tunjukkan kepada karyawan bahwa Anda menghormati pendapat mereka dengan menanyakan tentang gaya kepemimpinan yang diterapkan, dengan seringnya dilakukan feedback , akan tercipta teamwork yang lebih kuat.

 

So itulah beberapa tips  tentang Micromanage agar kita tidak memakai cara ini lagi dan membuat karyawan tidak menyukai kita lagi, simak video lengkapnya disini yaa..