tagline

TOTAL TIPS : BALANCE SCORECARD

 Balanced Scorecard adalah evaluasi strategi dan teknik kendali / sebuah proses yang memungkinkan perusahaan untuk mengevaluasi strategi bedasarkan empat perspektif yaitu kinerja keuangan, pengetahuan pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran serta pertumbuhan.

 

 

Balanced scorecard (BSC) adalah konsep yang sangat umum dan sangat bermanfaat dalam sistem manajemen dan perencanaan strategi di dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Pentingnya penggunaan konsep ini membuat hampir setiap perusahaan menyediakan sumber daya sendiri untuk memaksimalkan penggunaan konsep BSC.

Jadi berikut adalah beberapa tips agar kita bisa membangun balance scorecard yang baik, dengan baiknya balance scorecard kita otomatis perusahaan kita juga membaik.

 

1. Tidak berhenti pada pengukuran semata.

 

Alpha Media


Konsep BSC memang merupakan konsep yang dapat dipergunakan untuk mengukur performa dari perusahaan atau organisasi dari 4 perspektif yang berbeda yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan juga perspektif pertumbuhan dan perkembangan. Namun banyak perusahaan yang menghabiskan sumber daya untuk upaya pengukuran semata dan tidak mengambil langkah lebih lanjut berdasarkan hasil pengukuran tadi
 


2. Tidak membiarkan budget yang ada menjadi penghalang utama pelaksanaan strategi.

 

Alpha Media


Keterbatasan budget memang menjadi sebuah masalah yang umum dihadapi oleh sebuah perusahaan, namun hal ini tidak bisa dijadikan faktor utama yang mendikte arah jalannya strategi yang hendak dijalankan. Kondisi yang paling ideal adalah perencanaan strategi yang solid, yang dibarengi dengan evaluasi dengan menggunakan konsep BSC yang akan membantu menjaga proses budgeting agar tidak keluar jalur
 


3. Memulai segala sesuatunya dengan tepat.

 

Alpha Media


Pemilihan konten strategi yang tepat adalah kunci awal pelaksanaan yang sukses. Sebuah strategi yang tepat yang dibuat seiring dengan hasil BSC harus bisa menjawa semua tantangan dan meminimalisir resiko-resiko kesalahan yang mungkin terjadi
 


4. Menggunakan konsep BSC yang tepat, yang sesuai dengan ukuran perusahaan

 

Alpha Media

 

Nah tips tersebut akan sangat membantu dalam memaksimalkan penggunaan konsep BSC di dalam setiap lingkup perusahaan atau organisasi, sehingga bisa memberikan hasil yang sesuai dengan harapan, tetapi lepas dari semua hal diatas, ada rahasia terakhir, yaitu sebaik apapun sistem yang kita jalankan kalau tidak ada sdm yang menjalankan, maka sistem sebagus apapun tidak akan pernah terealisasikan. Jadi kita harus mengawasi dan memastikan para sdm kita menjalankannya ya guys.